CARISTA 2014

Hello semuanya!!! Nah, kali ini aku mau bagi cerita nih soal CARISTA. Apa itu CARISTA? CARISTA itu adalah Camp Rohani Statistik yang diadakan setiap 2 tahun sekali sebagai suatu perayaan Pisah-Sambut… Jujur sih, banyak hal yang membuat saya secara pribadi pengen bertobat dari setiap dosa dan kesalahan yang udah saya lakukan secara pribadi.

10623649_889544341058252_4669677970917829533_o

Ini singkatnya yang bisa saya tarik kesimpulannya…

  1. Paulus menyatakan bahwa ia tidak puas dengan pertumbuhan Rohani yang stag…  Kena sentil lagi nih,,, iya nih saya lagi berhenti melayani karena satu dan lain hal. Saya mau ikut Komsel sama melayani lagi di Gereja baru entar…
  2. Doa Paulus kepada jemaat di Kolose adalah supaya jemaat di Kolose mengetahui kekayaan Allah yaitu Pengampunan… Ups… Kena sentil…

Sharing saya kali ini mengenai Pengampunan… Nah, kalau anada menyimak tulisan di Blog saya yang sebelumnya, ada satu hal yang mengganjal di diri saya yaitu mengenai Pengampunan. Selama 3 minggu ini, saya tidak fokus, bahkan 4 minggu ini bisa dibilang. Setiap ada waktu saya termenung, saya selalu merasa heran mengapa ada orang yang sudah mengenal Tuhan, tapi masih bisa “mendua hati” dengan dosa yang bisa dibilang “Parah”? Saya memang bukan objek yang disakiti di sini, tapi saya seperti mentah hati dan kepahitan yang cukup dalam. Selama beberapa minggu ini juga, saya sering Bible Reading dan isinya mengenai mengampuni…

Mark Twain~ “Pengampunan adalah bau harum yang dikeluarkan bunga violet pada tumit yang menghancurkan dia.”

Ada 3 fondasi yang memampukan kita untuk mengampuni:

1. Pandanglah rasa sakit sebagai sekolah karakter terbaik (mazmur 119:71)

2. Pandanglah orang yang menyakiti kita sebagai alat Tuhan (amsal 27:17)

3. Pembalasan bukan hak kita, tetapi Tuhan (Roma 12:19)

Lebih lagi yang ini…

Kolose 3: 13

“Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.”

Ini lagi…

Kolose 3:23

“Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”

Tuhan terus menerus minta saya mengampuni, seperti saya merasa terdesak sekali. Akhirnya suatu malam di CARISTA, kami bertiga ada di kamar sama kak Rose dan April. Kami sharing mengenai dosa kami masing-masing. Aku ceritakan cluenya… dan kak Rose berhasil dipakai Tuhan menembus setiap kekerasan hati saya yang begitu dalam. Dia bilang gini, “Kalo april ada hutang sama aku 500rb dan kau punya hutang sama aku 10jt, aku lunasin semua… ku bebaskan. Eh, si April ada hutang 10rb samamu, terus kau tagih sampe kau pukul dia. Itu adil?”

“Enggak kak…”

“Ya gitu jugalah Tuhan…”

“Terus gimana caranya aku mengampuni? Aku udah doakan, tapi aku belum ketemu sama orangnya dan ngomong langsung, karena aku pikir dia pasti malu banget (2 orang itu maksudnya)…”

“Gini dek, kalo ada orang jatuh ke sumur di sampingmu. Apa cukup kau doakan, tapi ga kau tolong?”
“enggak”

“Ya, ketemulah…”

Lalu, dalam hati saya berpikir, nanti suatu saat nanti, aku minta sama Tuhan supaya aku ketemu sama 2 orang itu secara ga sengaja di jalan dan ajak mereka bicara secara berhikmat dan tidak menghakimi dan mengatakan bahwa aku sudah mengampuni mereka.

Kalau orang yang saya maksud suatu saat membaca blog ini, saya hanya ingin bilang, “seburuk apapun kalian, Paulus yang banyak membunuh orang percaya saja bisa Tuhan buat bertobat… kalian juga bisa. Dan saya berterimakasih pada kalian yang telah mengajarkan banyak hal pada saya mengenai kebaikan jauh dari segala hal yang telah kalian lakukan dan lagi saya sudah mengampuni kalian dai hati saya, sebab saya gak mau terus kepahitan sama kalian.”

Tapi jujur aja, kalo saya inget lagi, rasanya sulit untuk mengampuni. Tapi pembicara di CARISTA bilang… “dosa itu kayak pakaian kotor, jadi supaya kita layak di hadapan Tuhan, lepaskan pakaian kotor itu!!!”
Maaf Tuhan, kalau aku menghakimi, aku sendiri pun begitu buruknya, mulai sekarang aku akan benar-benar bertobat dan mengampuni setiap orang yang membuatku mentah hati dan kepahitan.”

Rasanya waktu itu saya mau nangis, saya sedih banget… Saya pengen bertobat Tuhan…


Selanjutnya yang diajarkan di CARISTA

  1. Kita sanggup melayani, itu bukan karena kesanggupan kita, tapi karena Pekerjaan Allah. Contoh nih: Seksi Acara bisa melewati dan menyelesaikan tugasnya buat buku acara, nentuin pelayan, cari tempat, buat games dlsbnya itu bukan karena kesanggupan, tapi karena Tuhan Yesus yang bantu… Kalo kita mikir itu semua karena kemampuan kita, maka itu salah besar. Dengan tantangan perkuliahan, dan berbagai tugas lainnya di luar kepanitiaan, rasa-rasanya sangat sulit menyelesaikan segalanya, tapi semua berlalu kan?
  2. Kita harus menyerahkan harta, hobi, uang kita untuk kita arahkan dan serahkan pada Tuhan. Contohnya gampang, mungkin hobi saya nulis khotbah yang pernah saya denger, saya curahkan di Blog ini… Terus saya hobi juga untuk ngatur-ngatur dan nulis naskah drama, bisa juga tuh disalurin kayak kemaren nih, di CARISTA, saya ditunjuk untuk jadi Penanggung Jawab Persembahan Angkatan 54, dan Puji Tuhan sukses!!! Ini semua atas bantuan Cahyo Bowo (manusia super sabar dengan saya yang suka marah-marah), Hansen (bukan PJ dan punya ide cerita bagus supaya drama ga garing dan orang yang berbakat untuk jadi sineas dan sutradara masa depan), april dan vicko(gampang dikoordinasi), Roma, Yanto, Liza, Lince, Irta, Markus, Arisudana, Hotna (mau jadi volunteer untuk muterin soundtracknya) terimakasih teman-teman… Karena Tuhan, kita bisa juara 1… Padahal, kalau dipikir-pikir banyak perubahan dalam naskah, tapi Tuhan sanggupkan kita di tengah aktivitas yang padat. Kalian luar biasa!!! Senang memiliki teman yang dapat diajak bekerjasama dengan baik. Oh ya, ngomong-ngomong soal pelayanan, ada yang namanya Creative evangelism (penginjilan kreatif dalam pelayanan), caranya melalui:
  • Drama Pengajaran
  • Permainan atau games Alkitab (kalau yang ku liat di Carista kemarin kita disuruh pilih bola yang ada ayatnya di alkitab, kalo pilih bola polos tanpa ayat nilainya 0, kalau pilih bola yang ternyata ayatnya ga ada di Alkitab -1 dan kalo ada di Alkitab 1. Jadi ini tuh ngelatih kita untuk inget Firman, bagus sih gamesnya)
  • Perangkat multimedia (buat Film Pendek yang warna-warni buat anak Sekolah Minggu supaya mereka lebih ngerti cerita Alkitab dengan cepat)
  • Media Cetak (misalnya majalah R1DMAG dari GBI Rayon 1D)
  • Musik (Buat lagu Rohani misalnya)
  • Holyland pilgrimage

Selanjutnya, di Kitab Kolose, tepatnya Kolose 2:6-3:4 berisi mengenai cara kita untuk mewaspadai ajaran-ajaran sesat, nah apakah itu? Bagaimana kita bisa mengetahui “keaslian” dari sebuah ajaran?

  1. Apakah pengajaran yang kita terima mengarahkan kepada Tuhan?
  2. Apakah pengajaran yang kita terima berdasarkan Firman Tuhan?
  3. Apakah pengajaran yang kita terima tidak berdasarkan Firman Tuhan?

Nah, itu yang perlu kita pertanyakan…

Wayne Grudem sendiri membagi gereja menjadi 2, yaitu:

  • False Church
  • True Church (more pure in teaching and less pure in teaching)

Tebak saya mau cerita apa selanjutnya… Hahahahaha, ini adalah Topik paling digemari anak-anak PMK, yaitu yang menyangkut Pasangan Hidup, alias PH, yang biasa kita sebutkan…

intinya sih, sebelum mencari PH, ada baiknya kita kuat dalam 3 dasar ini:

1. Setiap kita orang percaya, tahu hidup kita untuk memuliakan Allah.

Jadi gini, jangan kita mau punya pacar karena, “Ih entar wisuda, ya udah ku terima ajalah… biar ada pendamping wisuda entar…” hahahaha, ini MOTIVASI SALAH BESAR

Cari pacar itu, bukan untuk itu, cari pacar itu untuk mempermuliakan nama Tuhan… bisa bertumbuh dalam Tuhan bersama. Dan ini tipsnya ya: Carilah pasangan hidup yang lebih mencintai Tuhan daripada mencintaimu!!! (wedew, dalem banget ini teh..) masih ada ga ya stock cowok yang Takut akan Tuhan di sekitarku? #ups, asik-asikjos

Dan carilah pacar yang beriman sama Tuhan Yesus

2. Kita harus punya panggilan khusus dari Tuhan.

misalnya: kita entar kerja pengen ditempatkan di Kota A. Eh, pacar kita kerjanya di kota B, ya salah satu harus ngalahlah… kalo ga ada yang ngalah dan anggap itu yang terbaik. Berarti ga saling ngerti dong… Terus, anggap Surga menentang hubungan kalian, dan…”

solusi lain ya entar LDR, tapi sulitlah menjalin hubungan jarak jauh begini…

Intinya, carilah suami yang mendukungmu dalam pekerjaanmu (lokasi, dll), yang takut akan Tuhan dan bisa saling mengerti… Ya gitu-gitulah, susah diungkapkan dengan kata-kata masalah beginian.

3. Kalau pernikahan itu sakral dan kudus.

Hindari hal-hal yang Tuhan ga suka ya… Udah ngerti kan maksudnya ini?

Terus, pastinya harus seiman dengan kita, dan kalau bisa yang gerejanya masih sama-sama (misal sama-sama kharismatik)

2 Korintus 6:14-15

“Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap? Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya.

nih buat cowok-cowok yang pada umumnya melihat wanita dari segi fisik aja…

Amsal 31:30

“Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan Tuhan dipuji-puji.”

Terus nih ya, ada pertanyaan bolehkah kita mendoakan orang yang sudah didoakan orang lain kalau dia ga punya pacar? Boleh-boleh aja, ga ada yang salah dengan mendoakan…

Tapi, kalo dia udah punya pacar, boleh doakan, tapi jangan bergerak sama sekali karena dia udah jadi milik orang lain…


 

Pembahasan selanjutnya adalah…

Apakah iman kita dengan kehidupan sehari-hari sudah Compatible?

Maka dari itu, putuskanlah segala akses terhadap:

  • Percabulan
  • Kenajisan
  • Hawa Nafsu
  • Nafsu Jahat

dan Baju baru apa yang harus kita pakai?

  • Belas kasihan
  • Kemurahan
  • Kerendahan hati
  • Kelemahlembutan
  • Kesabaran
  • Kasih
  • Damai Sejahtera
  • Bersyukur dll

 

Bisa buka sendiri di Kolose 4:7-18

Disini, ada 10 sahabat Paulus, yaitu:

  • Tikhikus
  • Onesimus
  • Aristarkhus
  • Markus
  • Yesus (Yustus)
  • Epafras
  • dr.Lukas
  • Demas
  • Nimfa
  • Arkhipus

Jujur secara pribadi, saya pengen jadi Nimfa … Ia adalah orang yang murah hati…

Puji Tuhan tulisan ini selesai juga, maaf kalo ada yang kurang detail… Intinya, saya terhiburdengan acara CARISTA ini, dan saya bawa banyak berkat dari sini dan pertobatan. Tuhan menyadarkan saya kalau saya adalah orang yang sangat buruk selama ini.

JESUS, YOU’RE MY EVERYTHING… 🙂 🙂 🙂

Leave a Reply

