Treasure Woman 11 April 2015

Speaker: Tracy Trinita

Treasure Woman adalah suatu bentuk ibadah yag diadakan oleh JPCC untuk kaum wanita (setahu saya dari SMP/SMA sudah ada yang ikut ibadah ini hingga tua). Ibadah ini diadakan hampir sebulan sekali untuk membekali kaum wanita menjadi wanita yang lebih kuat lagi dan berhikmat di dalam Tuhan

Hai wanita di seluruh dunia, maafkan saya jika khotbah ini dapat saya ketik hanya dalam bahasa indonesia saja, karena bahasa inggris saya belum lancar.

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita buka Alkitab kita di 1 Petrus 5:8

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Apakah kita sudah meihat diri kita seperti Tuhan lihat diri kita?

Mari buka lagi Alkitab kita di Yohanes 8:32

dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu

1. Kita mengalami pergumulan dari pikiran kita

Kalau kita tidak mengontrol pikiran kita, maka pikiran kita yang bakal mengontrol kita. Jadi pengaruh luar TIDAK BOLEH mengontrol pandangan kita. Kita seringkali terjebak pada pikiran yang terus-menerus mengingat kekurangan kita, tanpa mengingat kelebihan yang ada pada diri kita. So, buka lagi yuk firman di 2 Korintus 10:3-5.

Memang kami masih hidup di dunia, tetapi kami tidak berjuang secara duniawi, karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng. Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,

Oleh karena itu, kita dipanggil untuk menjadi teladan, dengan apapun kita (Just the way we are), kita tampil bersih dan menarik, tapi yang paling penting karakter kita, kepribadian kita.

Dulu ya, jujur saya pikir hal yang terpenting dilihat oleh orang lain itu adalah kecantikan secara jasmani (dari luar saja), tanpa memikirkan bahwa sebenarnya ada hal yang lebih penting yaitu kecantikan hati. Wanita yang cantik akan luntur seiring usianya yang bertambah, tapi wanita yang memiliki kecantikan hati akan terpancar ke luar dan kecantikannya akan abadi, kekal. Itu yang paling penting CANTIK HATI. Cantik, kalo jahat buat apa?

Jadi, sebagai seorang wanita, kita itu harus penuh dengan karakter yang baik, menyenangkan, ditunggu-tunggu orang…

Jadi bagaimana caranya untuk merubuhkan setiap benteng yang suka mengintervensi pikiran kita dan membuat begitu banyak distraksi di pikiran kita?

a. Menukar pikiran-pikiran negatif tersebut dengan hal-hal yang positif.

Selalu melihat segala sesuatu dengan positif.

Pasti kita kaum wanita sering merasa banyak kekurangan di diri kita, misalnya ya.

“Ih kok rambutku tipis banget sih?”  Ubah jadi –> “Syukur masih punya rambut…”

Gitu, kalau ada sesuatu yang mengganggu pikiran kita, selalu pikir saja hal yang positif. Jangan terlalu banyak memikirkan hal yang hanya bisa mengecilkan diri sendiri.

Contoh lain:

Pernah kan kita masuk ke dalam suatu ruangan dan memanggil teman kita sampai berteriak dan melambaikan tangan, namun dia tidak merespon?

Cobalah jangan pikirkan kalau dia itu sombong, tapi coba pikirkan mungkin saja mereka saat itu lagi banyak pikiran.

So, lihatlah orang dari pemikirannya, sebab kita tidak akan tahu pasti apa yang sedang dialami oleh orang itu.

Dan TERUSLAH BERSIKAP BAIK.

Roma 12:2

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Masalah selanjutnya…

2. Permasalahan hati

Hati ini isinya adalah cinta, baik pada orangtua, teman, pasangan dll.

God is LOVE

Banyak sekali masalah dimulai dari hati. Berikut ini, ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi perasaan manusia, yaitu:

  • Informasi
  • Hormon
  • Pengalaman masa lalu

Pembaruan hati hanya bisa dilakukan oleh Tuhan. Sebab Hati manusia itu adalah pabrik berhala (segala sesuatu yang kita cintai melebihi dari Tuhan).

Jadi, siapa berhala kita saat ini?

Orang yang kita cintai melebihi cinta Tuhan pada kita sudah menjadi berhala bagi hati kita. Mereka tidak salah,, kita yang salah. Jadi, di saat kita mencintai pasangan kita secara berlebihan, kita akan mulai kehilangan jati diri kita (cemburuan, dll)

You need to find yourself…

Pesawat, kalau ada benturan, maka yang disuruh pakai masker oksigen adalah diri kita sendiri dulu baru kita menolong orang lain.

Key of relationship is communication

1 Petrus 3:4

tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.

Jadilah wanita yang tenteram, lemah lembut, di hadapan Allah. Jagalah kedamaian di hati kita, Tuhan bahkan bisa pakai siapa saja untuk berbicara pada kita (termasuk orang yang tidak percaya).

Kalau kita yakin bahwa Tuhan akan beri yang terbaik, kenapa harus khawatir?

Learn to trust. Live your life. 

Jangan pikirkan masalah, enjoy your life! Jangan memusingkan diri pada hal-hal yang kecil! Sibukkan diri!

Jangan sampai lupa belajar hanya karena sibuk memikirkan masalah hati!

Mazmur 37:4

dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.

Saat kita sedang ada masalah, tapi kita harus tetap bersukacita! Bahkan, kita juga harus menguatkan orang lain!

Matius 6:31-34

Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.

3. Kekuatan iman

Perempuan Samaria yang mengambil air di sumur berbicara dengan Tuhan.

Allah yang memberikan pada kita potensi baru, kekuatan baru untuk memuliakan namaNya.

Lukas 10:27

Jawab orang itu: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Hati kita harus jadi ladang kebaikan buat orang banyak.

Filipi 4:8-9

Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.

Ayo menjadi wanita yang benar-benar memiliki kecantikan hati berlimpah-limpah di hadapanNya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s