Treasure Woman 6 juni 2015

Speaker: Maranatha Badudu

RESPONSIBILITY

Kita dapat perhatikan 2 kata gabungan yaitu Response Ability –> Kemampuan kita merespon..

Roma 13:13

Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.

Hidup ini sudah cukup sulit, jadi jangan sibuk ‘kepo-in’ orang lain. Kita periksa saja dulu diri kita. Sudah baik atau belum?

Dasar tanggung jawab:

1. Orang yang punya kebenaran Firman Tuhan di hidupnya, seharusnya bertanggung jawab.

Yohanes 8:31-32

Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.

Kebenaran itu memiliki kekuatan untuk membebaskan kita dari setiap pikiran yang sempit. Waktu kita melakukan sesuatu buat orang lain dalam bentuk tanggung jawab (mendoakan mereka, menguatkan mereka, dlsbnya), waktu kita mau menjalankan tanggung jawab kita dalam segala hal (Menggunakan uang yang dikirim orangtua dengan bijaksana, belajar sungguh-sungguh di perkuliahan, dll), maka waktu itu jugalah Tuhan akan menambahkan kekuatan kita dan kita akan diubahkan olehNya dari yang tadinya pasif–>aktif.

Kita itu punya tanggung jawab untuk take care dengan orang-orang sekitar kita, khususnya keluarga kita. Tidak perduli orang tahu atau tidak apa yang kita lakukan…

Galatia 6:7-8

Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.

If we ignore others, we ignore God.

CIRI-CIRI ORANG YANG BERTANGGUNG JAWAB:

Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang tidak menyalahkan orang lain  (Kalau kita salah, ya itu salah kita, bukan orang lain).

Hidup itu seperti sekolah. Kalau Tuhan mau kita menghadapi ujian kelas 4, tapi kita pengennya cepat-cepat kelas 6, mau tidak mau kita pasti akan bertemu lagi dengan ujian kelas 4 itu.

Roma 12:2

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

2. Control what you can, but accept what you can’t

Accept di sini bukan berarti pasrah loh ya…

Waktu Tuhan taruh kita dalam kondisi yang tidak mengenakan, meyulitkan kita, Tuhan mau kita untuk berpikir (mengapa kita begini/merenung), menerima dan melakukan apa yang bisa kita lakukan. Kalaupun apa yang kita minta dan doakan tidak terjadi, Tuhan punya rencana yang terindah. Karena Dia bisa mengatur segala sesuatu jauh melebihi segala pemikiran kita.

Psalm 49:3 (New King James Version)

My mouth shall speak wisdom, And the meditation of my heart [shall give] understanding.

Kita punya 1 tujuan dan hanya fokus di situ, tapi Tuhan menghadapkan kita pada 5 tujuanNya dan Dialah yang akan bantu kita menghadapi semuanya dengan tuntas. Sampai kelima tujuanNya dalam hidup kita itu tercapai.

Amsal 8:1-3

Bukankah hikmat berseru-seru, dan kepandaian memperdengarkan suaranya? Di atas tempat-tempat yang tinggi di tepi jalan, di persimpangan jalan-jalan, di sanalah ia berdiri, di samping pintu-pintu gerbang, di depan kota, pada jalan masuk, ia berseru dengan nyaring:

Kalau saja kita ingin mencari hikmat, wisdom, itu ada dimana-mana.

Responsibility Protects Our Relationship

Itulah yang buat kenapa banyak Rumah Tangga tetap terjaga dalam pernikahan yang harmonis selama bahkan berpuluh-puluh tahun meskipun pasangannya ‘memproduksi kesalahan’

Orang yang bertanggung jawab menarik banyak orang untuk dekat dengannya.

Contohnya: Kalau dia dapat dipercaya, menjalankan tugas dengan baik, banyak orang akan ingin berinteraksi dengan dia (orang yang bertanggung jawab di sini). Misalnya, “Oh, mau edit tulisan ya? Sama dia aja… Cepat banget, bagus lagi hasil kerjanya…”

Hidup kita adalah buku yang terbuka. So, mari kita belajar untuk membantu dan menolong orang lain ya…

Ayo menjadi orang yang bertanggung jawab dalam segala aspek kehidupan kita!!! 🙂 🙂 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s