Ibadah 1 JPCC 6 Des 2015

image

By: Ps. Jeffrey Rachmat
Perlindungan iman
Happy sunday…

Ibrani 11:1
“Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.”

Iman bukan sekedar percaya. Iman itu aktif, percaya itu bisa saja pasif. Kalo apa yang kita percayai tidak disertai dengan perbuatan, itu bukan iman.
Saat kita melakukan firman Tuhan, itulah iman.

Hey, readers.. kalo ke gereja, jangan lupa catat khotbahnya.. gimana mau inget, kalo nyatat aja kagak :p ya gua tau sih lu pinter-pinter, but it’s better to note that.

Ibrani 11:6
“Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.”

Si jahat tahu kalau kita hidup dalam iman, kita berkenan kepada Allah. Iman menarik hal-hal yang positif dalam hidup kita.
Punya iman sebesar biji sesawi saja, bisa memindahkan gunung persoalan kita.
Kalo kita ga punya usaha yang intens untuk melindungi api iman kita dari tiupan dunia ini, ga heran kalo api ima kita mati lagi. Sama kayak tiap minggu datang ke gereja, api iman kita nyala, keluar gereja, kena tiupan dikit, dah mati lagi…
Makanya lindungi iman kita…

Markus 5:35-42
“Ketika Yesus masih berbicara datanglah orang dari keluarga kepala rumah ibadat itu dan berkata: “Anakmu sudah mati, apa perlunya lagi engkau menyusah-nyusahkan Guru?”
Tetapi Yesus tidak menghiraukan perkataan mereka dan berkata kepada kepala rumah ibadat: “Jangan takut, percaya saja!”
Lalu Yesus tidak memperbolehkan seorang pun ikut serta, kecuali Petrus, Yakobus dan Yohanes, saudara Yakobus.
Mereka tiba di rumah kepala rumah ibadat, dan di sana dilihat-Nya orang-orang ribut, menangis dan meratap dengan suara nyaring.
Sesudah Ia masuk Ia berkata kepada orang-orang itu: “Mengapa kamu ribut dan menangis? Anak ini tidak mati, tetapi tidur!”
Tetapi mereka menertawakan Dia. Maka diusir-Nya semua orang itu, lalu dibawa-Nya ayah dan ibu anak itu dan mereka yang bersama-sama dengan Dia masuk ke kamar anak itu.
Lalu dipegang-Nya tangan anak itu, kata-Nya: “Talita kum,” yang berarti: “Hai anak, Aku berkata kepadamu, bangunlah!”
Seketika itu juga anak itu bangkit berdiri dan berjalan, sebab umurnya sudah dua belas tahun. Semua orang yang hadir sangat takjub.”

Kata-kata dapat membangkitkan iman, tetapi juga dapat melemahkannya.

Roma 10:17
“Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.”

Jadi penting untuk ada di sekitar orang-orang yang membangun hidup kita, menguatkan iman kita.
Orang-orang seperti apa yang berada di sekitar kita? Yang menguatkan atau melemahkan iman kita?

Puji Tuhan di hidup saya Tuhan taruh banyak orang yang menguatkan iman saya

Markus 7:32
“Di situ orang membawa kepada-Nya seorang yang tuli dan yang gagap dan memohon kepada-Nya, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas orang itu.”

Bisakah kita menjadi teman yang baik untuk ikut membangkitkan iman teman kita yang membutuhkan?
Nasihat untuk menjaga iman:

Kolose 2:6-8
“Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia.
Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.
Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.”
1 Timotius 6:20-21
“Hai Timotius, peliharalah apa yang telah dipercayakan kepadamu. Hindarilah omongan yang kosong dan yang tidak suci dan pertentangan-pertentangan yang berasal dari apa yang disebut pengetahuan,
karena ada beberapa orang yang mengajarkannya dan dengan demikian telah menyimpang dari iman. Kasih karunia menyertai kamu!”

Orang-orang yang imannya bersumber dari Kristus, maka hatinya melimpah dengan syukur.

1 Timotius 6:6-11
Ibrani 13:5-7

Orang yang merasa cukup, selalu bisa mengucap syukur!
Kita dikenal melalui bagaimana mengakhiri hidup kita, bukan awal…

Happy Sunday!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s