Ibadah 1 JPCC 10 Jan 2016

By: Ps. Jeffrey Rachmat

Kita harus hidup punya rencana, visi. Kalo kita gak membangun hidup kita, jangan heran kalo kita bisa sampai di tempat yang tidak kita mau.
Kata-kata kita bisa membangun dan bisa juga menjatuhkan orang lain.

Matius 7:13
“Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melalui,”

Kita dibentuk untuk membangun hidup kita sesuai dengan tujuan kita diciptakan. Kita akan menemukan kepuasaan jika kita hidup sesuai dengan tujuan kita.

Kedewasaan adalah tujuan hidup, bukan kesempurnaan.

Kita dipanggil bukan untuk jadi orang baik, tapi untuk jadi orang benar (udah pasti baik).

Jadi berkat buat orang lain = jangan berhenti di keberhasilan kita sendiri = hidup belimpah-limpah dengan Tuhan Yesus
Kita makan sesuatu, rasanya enak, dan kita bagi-bagi ke orang lain. Makanya memberi itu adalah memberi yang terbaik, yang enak kita rasakan.
Bukan karena makanannya ga enak trus kita bagi-bagi. Itu mah kagak generous namanya.

Pengkhotbah 5:19
Setiap orang yang dikaruniai Allah kekayaan dan harta benda dan kuasa untuk menikmatinya, untuk menerima bahagiannya, dan untuk bersukacita dalam jerih payahnya — juga itu pun karunia Allah.

wp-1452393142939.jpg

Kasih karunia itu kita dapat berkat dan menikmatinya serta memberkati orang lain.

2 Timotius 2:6
Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya.

Kalo kita dapat berkat:
1. Kembalikan pada Tuhan melalui perpuluhan
2. Pay yourself. Nikmati hidupmu.
3. Bayar yang lainnya.
Saat membangun, pikirkan biaya, waktu.

Konsentrasi pada apa yang sedang kita bangun, tidak perlu sibuk dengan apa yang orang lain bangun.

Dalam membangun kehidupan:
1. Bangunlah di atas fondasi yang kuat. Fondasi menentukan besar dan tinggi suatu bangunan.

Matius 7:24-27
“Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.
Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.
Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir.
Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya.”

Bangun hubungan pribadi dengan Tuhan. Taat! Bangun apa yang ada dalam diri dulu.. jadilah pelaku Firman Tuhan.

Bangun hidup kita di atas prinsip-prinsip yang kekal.

1 Korintus 3:11
Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.

2. Bangun kehidupan yang tahan uji.
Pencobaan adalah suatu kepastian dalam hidup ini. Harus tahan uji la.. biarpun disuruh ganti topik. Ganbatte!
biarpun cobaan datang dan pergi, kita bisa tegak berdiri.

Hai.. saya mau kasih kesaksian bentar ya… Kalau readers membaca tulisan blog saya sebelum-sebelumnya, readers pasti tahu kalau saya udah punya 5 topik skripsi, pertama tentang CPO dan gugur, Sister city dan gugur lagi, hingga 3 terakhir yang saya majukan dan 1 layak sehingga ACC Skripsi. Nah, jumat lalu saya bertemu dengan dosen pembimbing saya (beliau sangat humble dan baik) dan beliau menyetujui untuk menjadi dosen pembimbing kami di tengah kesibukannya, tapi beliau minta saya dan novi (teman bimbingan saya) yang topiknya sama-sama daya saing untuk ganti topiknya, karena beliau bosan itu sudah terlalu mainstream. Akhirnya, saya akan ganti lagi mulai dari 0 semuanya. Pantesan pas ngerjain proposal lengkapnya saya ada feeling kayak gak semangat. Tuhan punya rencana di balik ini semua. Mungkin, sekarang saya tidak mengerti mengapa saya harus mulai lagi dari 0, sementara saya sudah cukup sungguh-sungguh dengan topik saya yang sebelumnya. Dan lagi, ada banyak tugas, saya juga mau ujian kompre, dan saya harus mulai lagi. SEMANGAT.

Hal-hal yang saya syukuri:

  1. Saya dan novi tahu kami ganti topik pas weekend, jadi kami gak begitu panik.
  2. Saya dikasih ide sama septy tentang tugas APG mereka, yaitu industri makanan gitu. Sepertinya ini maju ke skripsi final.
  3. Ibunya fast response kalo dihubungi
  4. Kami dapat dosen pembimbing yang care dan sangat membangun pengetahuan kami
  5. Saya punya teman bimbingan. Saya pikir sebelumnya, saya cuma sendirian, ternyata novi sebagai partner saya yang saya kenal dari tahap 2 STIS, kami dipertemukan lagi dengan dosen pembimbing yang baik.

SEKALI LAGI, TUHAN ITU BAIK. SANGAT BAIK. SAYA PERCAYA MESKIPUN SAYA TIDAK MENGERTI MENGAPA SEMUA INI HARUS TERJADI, SAYA PERCAYA HE’LL LEAD ME ALONG THIS YEAR. I WILL GRADUATE ON THE RIGHT TIME, OCTOBER 2016

Rasa-rasanya kalau mengandalkan kekuatan sendiri, saya gak akan pernah mampu. Tapi bersamaNya, i can do all things. To God be the Glory and all the Glory.

Intinya, kita harus tetap semangat. Tahan uji.
Amsal 24:10
Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.

Jangan tawar hati la.. harus tetep semangat. Udah lebih banyak hal lebih sukar daripada ini, kamu dah lewatin semuanya kan? Semangat la..
3. Perhatikan bagaimana kita membangun di atasnya.

1 Korintus 3:12-13
Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami,
sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.

Jika kita membangun kehidupan di atas dasar Yesus.
Dalam hidup ini, ada banyak orang yang banyak maunya tapi gak mau bayar harga. Jadi beranilah bayar harga! Jangan pakai jalan pintas!
Mari kita bangun hidup kita di atas material yang tidak mudah terbakar.

Amsal 10:25
Bila taufan melanda, lenyaplah orang fasik, tetapi orang benar adalah alas yang abadi.

Ingat.. jika Tuhan berikan kita berhasil dalam apa yang kita perbuat, jangan sombong. Ingatlah bahwa semuanya adalah Grace dari Tuhan.
Happy sunday.
Selamat membangun hidup anda dear readers. Have a nice week.
God bless you..☺☺☺

Leave a Reply

