Tips hidup sehat dari Lala

Hai readers. Selamat malam. Hampir sebulan juga ya saya gak buka blog, ntar juga kosong lagi ini blog sampe selesai sidang. Sebagai seseorang yang ‘sedikit’ terpaksa mulai hidup sehat dari sekitar setahun lebih, saya mau berbagi tips nih khususnya buat sesama mahasiswa/i di STIS.

Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Beberapa waktu terakhir, banyak banget mahasiswa yang kena tipus, hepatitis, dan lain-lain.

Penyebabnya:

  • Kecapekan, kurang istirahat
  • Makan ga sehat. Makan di tempat yang pengolahan makanannya gak sehat, bahan makannya dilewatin sama hewan tertentu seperti: kucing, tikus, dll. Atau makan di tempat makan yang kurang bersih pencucian alat makannya.
  • Minum air isi ulang.

Penyebab di atas saya ketahui dari dokter di klinik kampus saya sewaktu saya berobat flu dua minggu lalu.

Cara hidup sehat:

  1. Usahakan badan kita gerak. Gerak di sini maksudnya olahraga, senam, lari, baiknya sih tiap hari biar sehat. Kalo saya sih ssst cukup kita aja yang tahu ya, kalo saya gak sempat olahraga, saya puter lagu yang semangat terus nari-nari bahagia depan kaca wkwkwk šŸ˜€
  2. Beli Aqu* baru, jangan yang isi ulang. Biar sehat šŸ™‚
  3. Minum vitamin, atau suplemen. Nah sebenernya saya bukan tipe orang peminum vitamin,suplemen, dan rekan-rekannya, tapi semenjak banyak orang sakit, saya minum Redoxon Fortimun (maaf saya bukan iklan). Soalnya dulu pas zaman SMP pulang dari sekolah habis les tambahan buat UN sampe jam 5 sore saya minum itu dan lumayan kuat.
  4. Makan makanan yang bergizi. kalau bisa tiap makan, ada yang mengandung serat, makan sayur. Hey you! Kalo ga makan sayur, kulitnya kering loh. Biar lancar pencernaan juga. Kalau bisa makan buah juga. Kalau di kostan kalian bisa masak, masak aja, saya juga pertamanya dalam hidup ini cuma bisa masak air, nasi, telur, tapi saya udah mulai bisa masak, walaupun sayur saya rebus semua gara-gara belum jago masak -_- Anyway, rebus sayur lebih sehat loh.
  5. Kalo makan di luar, pilih-pilih tempat yang bersih ya.
  6. Jangan lupa istirahat. Jangan kebanyakan begadang.
  7. The last is jreng jreng jreng jreng… selalu berdoa sama Tuhan biar Ia beri kita kesehatan dan selalu senyum

Oh ya buat yang ada maag kayak saya, sedia makanan kecil tiap saat kalo lagi lapar, makanin deh itu. Jangan sampe telat makan. Sekian saran (sok tahu) dari saya dan semoga bermanfaat.

Sehat selalu semuanya šŸ™‚

God bless you šŸ˜„ā˜ŗ

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s