Stand out

Ibadah 1 JPCC 24 Juli 2016
By: Ps. Jose Carol
Happy 49th birthday Ps. Jose!

Kita diciptakan segambar dan serupa dengan Tuhan. Lalu, pada saat dunia melihat kita, apa yang muncul di benak mereka? Apa sesuai seperti Tuhan? Apa citra yang positif atau tidak?

Tuhan ingin kita muncul berbeda dari sekitar kita. Jadi yang terbaik dari diri kita. Kuliah, lakukan yang terbaik! Wr need to be excellent!
Kenapa kita harus mengerjakan yang terbaik dari diri kita?
1. 2 Timotius 2:20-21
Dalam rumah yang besar bukan hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan tanah; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia.
Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.
Tuhan ingin menampilkan kita dengan citra yang tidak cacat dan tidak bernoda.
Roma 9:17
Sebab Kitab Suci berkata kepada Firaun: “Itulah sebabnya Aku membangkitkan engkau, yaitu supaya Aku memperlihatkan kuasa-Ku di dalam engkau, dan supaya nama-Ku dimasyhurkan di seluruh bumi.”
Tuhan ingin membangkitkan kita untuk dilihat oleh muka bumi ini.

Amsal 22:29
Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina.
Jadi, keluarlah dari stagnasi, keluarlah dari kekecewaan pada dunia.

Apa yang harus kita lakukan untuk menjadi ‘berbeda’ dari lingkungan kita?
1. Perlu memperhatikan ketulusam hati kita (keberadaan) dan diseimbangkan dengan kecakapan tangan kita (our doing)
Mazmur 78:72
Ia menggembalakan mereka dengan ketulusan hatinya, dan menuntun mereka dengan kecakapan tangannya.
Mengembangkan karakter yang excellent, bukan sekali-sekali, namun menjadi gaya hidup bagi kita dan sekitar kita. Contohnya datang tepat waktu kemanapun kita pergi. Ehm, kalau menurut saya datang on time merupakam suatu wujud integritas seseorang, jadi bisa disimpulkan sendiri ya? 🙂 It’s all about your moral standard.
Excellent itu bukan hanya sebuah perbuatan tetapi  sebuah prinsip kehidupan.

Change your being bukan untuk pencitraan, tapi supaya kita bisa dipakai olehNya. Tuhan sudah mempersiapkan setiap kita untuk mengembannya.
Filipi 2:15
supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,

Jadi, perhatikan integritas kita! Perhatikan kekudusan hidup kita.
Kebenaran itu adalah pedang bermata dua. Karena segala sesuatu yang kita lakukan akan diperhatikan dunia, hal teledor sekecil apapun dapat dilihat dunia.
Matius 5:14-16
Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.
Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.
Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Perhatikan apa yang kau lakukan. Lakukan lebih baik dari yang kita harapkan dan mampu lakukan. Kerohanian yusuf dilihat dari kinerja. Percuma kerjaan berdoa, tapi datang telat, ogah-ogahan nyekrip, gak jadi panutan buat sesama. Percuma la!
“Until you get the chanve to do great things, do all the small things the great way.”

Do small things, great way! 🙂
Berlian di tempat sampah tetap berlian, bersinar! Tinggal tunggu waktu orang mengambilnya dan menempatkannya di tempat yang terbaik.

Wah saya sangat diberkati hari ini. Have a great mental guys. Happy sunday!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s