Generosity

Sharing Date Rawamangun 2

20 Agustus 2016

By: Kak Ricky Setiawan collaborated with my opinion

Menaburlah di tempat di mana orang itu tidak bisa mengembalikannya pada kita. Seperti: bayarin tol mobil di belakang kita (ilustrasi kak ricky).

Bermurah hati berbicara mengenai banyak hal dalam hidup kita. Kalau saya sebagai anak kuliah mungkin yang bida saya lakukan: sediakan makanan yang cukup untuk teman-teman yang datang belajar bareng, ngerjain tugas kelompok bareng di kontrakan. Ini berbicara mengenai “Melayani orang lain secara full”

Bersedia mendengarkan cerita teman kita sedang kesusahan di saat kita pun sebenarnya membutuhkan pertolongan dan butuh teman cerita juga.

Bermurah hati memberikan ide bagi orang lain. Misalnya: teman kita di kampus lagi butuh ide lagu apa yang mau dibawain, penampilan seperti apa, konsepnya bagaimana, kalau kita punya ide, jangan pelit berbagi ide! Share itu dengan teman-teman kita.

Bersedia memberikan nasehat bagi orang lain yang menyatakan bahwa kita peduli padanya bukan mengguruinya.

Bersedia memaafkan orang lain.

Memaafkan bukan berarti melupakan. Tetapi mengingat bahwa orang yang bersalah pada kita sangat mungkin untuk mengulangi kesalahan yang sama, bahkan lebih parah.

Saya sempat kepahitan dan sakit hati sama seorang teman saya yang sempat membuat saya kaget dengan ucapan dan sikapnya yang menurut saya kasar. Saya masih bisa berteman baik dengannya untuk beberapa waktu yang singkat hingga pada suatu malam, saya melepaskan setiap sakit hati saya dan saya rasa memang tidak ada manusia yang sempurna dalam hidup ini, dan semenjak saat itu saya berteman dengan baik tanpa ‘ganjalan’di hati saya sama sekali dengannya.

Pengampunan adalah cara terbaik memulihkan setiap aspek hidup kita. Selain itu, saya sempat tidak berhubungan baik dengan seseorang dari akhir tahun lalu hingga sekitar bulan april tahun ini. Saya benci sama orang itu karena suatu hal hingga akhirnya ada momen yang buat saya dan orang itu kembali berteman baik. 

Hal apa pun, siapa pun yang membuat anda sakit hati sampai saat ini karena mungkin apa yang mereka lakukan begitu menyakitkan, saya mungkin tidak merasakan hal itu. Sakit hati saya mungkin tidak sebesar yang anda rasakan. Tapi 1 hal yang harus anda tahu, pengampunan merupakan obat yang memulihkan setiap aspek kehidupan kita. Ampunilah mereka yang bersalah pada kita.

Memang tidak segampang itu. Sama seperti pasien kanker yang harus dikemo. Tidak hanya harus diinfus obat semalaman, mereka juga harus rela rambut mereka rontok supaya mereka bisa pulih. Demikian juga mengampuni tidak mudah memang, tapi setelah kita berhasil mengalahkan ego kita, mengampuni orang lain, percayalah Tuhan akan memulihkan tiap aspek kehidupan kita juga. 

 

Leave a Reply

