Daftar tempat-tempat yang ingin saya kunjungi sebelum 30 tahun

Indonesia

  1. Papua, yaitu: Raja Ampat (fyi: ini udah lumayan dekat dari tempat kerja saya 😀 ya gak deket-deket amat sih hehe), Danau Sentani, Puncak Cartenz (padahal naik sampai puncak gunung aja kagak pernah 😀 ), Taman Nasional Teluk Cenderawasih dll.
  2. NTT yaitu: Ende, Bukit Warinding, Labuan Bajo, Pulau Komodo, dll.
  3. NTB, yaitu: Lombok dan Rinjani (biar nyaingin abang saya yang udah nyampe Rinjani pas saya kelas 6 SD 😀 )
  4. Maluku, yaitu: Pantai Ora, Banda Neira 🙂 , Pulau Moa, Benteng Amsterdam, Air terjun ureng, Desa Hutumuri, Desa nusaniwe, pantai liang, teluk ambon, benteng toluko, air terjun di lumoli, dan masig banyak lagi 😀 soalnya saya sempat hampir mau buat pilihan penempatan kerja waktu itu jadi saya dah browsing hehehe 😀
  5. Bali (explore se-explore explorenya)
  6. Sumatera Utara ada beberapa destinasi lagi yang belum dan saya lupa namanya hehe
  7. Maluku Utara tepatnya Morotai

Sejauh ini, itulah tempat-tempat yang ingin saya kunjungi di Indonesia 🙂


Luar Negeri

  1. Singapura, explore se-explore explorenya
  2. Malaka, Malaysia
  3. Belanda, yaitu: Delft 🙂 , Rotterdam 🙂
  4. Yerusalem, Israel
  5. Inggris, yaitu: Edensor, Oxford, Manchester #GGMU, Big Ben
  6. Australia, yaitu: Opera House, Fremantle, Melbourne
  7. AS, yaitu: Ohio (saya ingin bertenu kedua sepupu saya yang sudah 14 tahun tidak pernah ada kabar :” Saya harap suatu hari bisa bertemu lagi. Saya hanya tahu mereka ada yang jadi atlet renang dan tim robot), Boston, Victoria, museum salomon di New York, patung liberty dll
  8. Kanada, yaitu: Butchart, Sunken Garden, dan inner harbour di Vancouver dll
  9. Air terjun Igacu di kota foz do igacu, Amerika selatan
  10. Nepal
  11. Jepang dan menikmati kulinernya yang kata temen komsel saya kita pilih random aja semua ramennya enak-enak wow!

Dan masih banyak lagi…

Travelling itu tidak hanya jalan-jalan, tapi kita bisa belajar banyak hal dari berbagai tempat yang berbeda. Kita belajar hidup 🙂

Jadi, saya anggap kesempatan saya ditempatkan kerja di Papua sebagai anugerah dari Tuhan untuk saya menjajaki tempat baru yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya supaya saya dapat belajar banyak hal mengenai kehidupan.

Kalau bukan karena instansi saya, saya tidak mungkin bisa pergi sejauh itu saat-saat seperti ini 🙂

I hope someday i will visit those places and become a better person than before 🙂

 

Leave a Reply

