Perstatistikan-Cinta Data

Pekerjaan di kantor saya lagi banyak-banyaknya. Dan di saat itu juga, saat-saat ini, kondisi tubuh saya tidak begitu baik. Kecapekan, kepikiran kerjaan yang banyak juga, mau gak masuk kantor tapi rasanya agak hina, sungguh perasaan serba salah.

Pekerjaan tahun ini lagi banyak-banyaknya, tahun depan pun sama. Terkadang, ada perasaan dalam diri saya untuk mengeluh. Tapi saya sadar satu hal kalo ini sudah jadi tugas dan tanggung jawab saya.

Saya bekerja di Kabupaten yang aksesnya mudah, dan dibutuhkan waktu yang tidak cepat juga. Untuk bisa sampai ke Waropen, harus mendarat di Bandara biak lalu naik Kapal cepat 5 jam ke Waropen. Tapi kalau sedang berombak hebat seperti beberapa waktu lalu (teman saya akhirnya tidak bisa mendarat di Waropen dan akhirnya mendarat di Serui akibat ombak hebat yang menyebabkan penumpang kelas Ekonomi semuanya sudah pakai pelampung), maka naik pesawat dari biak-serui (20 menit) lalu naik kapal cepat 1 jam (serui-waropen).

Beberapa waktu lalu, ada pelatihan Nilai Tukar Petani di Biak dan saya memilih rute kedua karena teman saya itu masih trauma naik kapal cepat 5 jam. Keberangkan saya ke Serui tidak mudah, waktu itu berombak hebat, bahkan tangga untuk naik kapal hampir jatuh ke laut. Kadang saya berpikir gila, “Kalo nyokap gua tahu gua begini, dipaksa pindah bisa-bisa.” Akhirnya saya hanya bilang berombak dan kepala saya pusing tapi semua aman-aman saja kok supaya beliau tidak kuatir.

Abang saya sampai suruh saya beli pelampung karena cerita saya yang kalo nyacah (wawancara data) ke kampung itu harus pake perahu dan gak ada pelampungnya. Gak mudah loh untuk bekerja di daerah sulit. Saya salut juga sama beberapa teman saya yang kerja di pegunungan Papua yang bisa survive hidup tanpa internet, listrik yang hanya beberapa jam dalam sehari. Kalau tempat saya, masih enak banget.. listrik 24 jam, toko roti enak-enak dah ada, internet di rumah yang saya sewa ada (walau hanya bisa kirim Wa wkwkwk).

Gak mudah sih emang, tapi saya sadar banyak hal bahwa setiap orang mengalami kesulitannya masing-masing. Mau di kota, di kampung, semua orang yang melayani negara khususnya punya suka duka tersendiri. Yang bisa kita lakuin, hanya belajar untuk terus bersyukur, menikmati pengalaman ini, karena bagi saya ini cukup menarik ya. Saya cucu ketiga opung saya yang jauh dari jangkauan hehehe. Kedua sepupu saya yang sudah 15 tahun tak bertemu ada nun jauh di Ohio tapi masih sekolah, sedangkan saya untuk bekerja di Papua tanpa saudara sama sekali. Menarik banget bisa cerita sama anak-anak saya di masa depan kalo ibunya pernah kerja di daerah yang untuk sampai ke Jakarta butuh 2 hari, melihat Indonesia dari sudut pandang yang berbeda, pelajaran kebahagiaan dari hal-hal sederhana tanpa perlu tampil eksis demi harga diri di mata orang lain. Saya belajar banyak hal.

Nah, hari ini saya akan mengawas survei pertama kalinya bersama pencacah saya ke lapangan. Wah, ini pengalaman yang menyenangkan karena saya belum pernah ke lapangan, kerjaan saya dalam ruangan terus soalnya (bagian IT kantor hwhw). Semoga cuaca bersahabat, responden ada, eligible, dan sabar untuk didata.

Yang lebih lucunya lagi, ini Bapa pencacah saya mau ditemenin sampe beliau selesai (tapi entrian saya pak :” ), well selama ini bisa buat kualitas datanya lebih baik, bakal saya coba lakuin. Sebab, dengan semakin baik kualitas datanya, maka efek panjangnya pembangunan daerah ini juga akan semakin baik ke depannya. Nah, jadi supaya bisa membangun suatu daerah dengan baik, butuh cinta data. Untuk lebih tahu perkembangan statistik Kabupaten Waropen bagaimana, kalian bisa follow IG, Twitter, dan like Fanpagenya (link menyusul). Di situ ada seputar kegiatan-kegiatan survei BPS Waropen dan beberapa infografis yang saya buat untuk aktualisasi saya wkwkwk 🙂

Gapapa kan promosi di blog sendiri wkwkw

Satu yang saya harapkan dari survei ini, semoga semua pihak yang bertugas bisa berintegritas untuk menyelesaikannya tepat waktu. Harus kuat! Informasi yang mau diketahui banyak soalnya hehehe

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s