Jurnal 2017

Hai!  Sebelum mengakhiri 2017, gua pengen me-review banyak hal yang terjadi di Tahun 2017 ini. Karena ini akan panjang, jadi bertahap ya..

Advertisements

ALIVE!!!

5


Ada hal yang saya syukuri dengan musim hidup saya saat ini. Saya menjalankan banyak hal yang belum pernah saya lakukan sebelumnya dan selalu saya cita-citakan. Kebetulan ada kesempatan jalan-jalan dengan orang-orang kantor ke Serui beberapa waktu lalu. Serui itu adalah kota di Kepulauan Yapen. Yapen tepat berada di seberang Waropen. Sebelumnya Waropen dan Yapen berada dalam satu kabupaten yang sama sebelum akhirnya mekar pada tahun 2003.

Kami pergi dengan menggunakan Kmp. Masirei dengan jarak tempuh sekitar 2 jam.

KAPAL

Perjalanan di Serui itu begitu menyenangkan. Destinasi pertama yang kami tuju adalah Sarawandori. Wah, lautnya di sini biru sekali, bersih. Tapi bagian yang paling saya suka saat di Sarawandori ini adalah saat kami menaiki sebuah perahu kecil dengan mesin untuk mengelilingi pulau-pulau di Sarawandori dan ini sangat menyenangkan! Saya yang notabene tak bisa berenang, dengan nekadnya naik perahu itu. Panas terik tidak masalah.

Jangan sia-siakan masa mudamu untuk tidak jalan-jalan, hanya karena kamu takut hitam (jadi hitam kulitnya)

-Nelica-

Itulah yang selalu saya ingat hehehe 😀

Dulu, setiap pulang sekolah SD, kalau tidak main kemana-mana dan tidak ada orang di rumah, saya selalu melakukan hobi aneh, pura-pura jadi host Jejak Petualang dan jalan-jalan di tempat-tempat sehijau Sarawandori menaiki perahu kecil. Agak konyol memang, tapi ini adalah cita-cita saya dari sejak kecil. Dan tercapai! Asyik banget! Saya gak menyangka bahwa pesan abang saya sebelum ke Papua untuk banyak lihat hal baru benar-benar tercapai. Saya tidak hanya bisa lihat banyak hal baru, tapi jutaan hal indah, pemandangan indah yang Tuhan buat. How Great Thou Art!!! Tuhan tuh ajaib bener ya bisa ciptain banyak hal indah di dunia ini. Pemandangan yang indah di berbagai tempat di dunia. Saya selalu merasa terkagum-kagum melihat hasil ciptaanNya. Kadang, saya berpikir gila, bahwa mungkin jika saya tidak ditempatkan di Papua, saya hanya akan terus berada di comfort zone dan belum tentu bisa melakukan banyak perjalanan ke berbagai tempat indah seperti Sarawandori ini. Makasih ya Tuhan memberikan kesempatan ini 🙂

Oh, ya sewa perahunya untuk 7 orang berkisar Rp300.000 saja.. Lumayan ya… Hehehe

              Serui

sarawandori1

sarawandori2
Dua sejoli kecil. Ciehhh 😀
sarawandori
Perkampungan warga di Sarawandori, Serui
sarawandori3
Ini dengan orang-orang kantor 🙂

sarawandori4
Kembali lagi bersama saya di My Trip, My Adventure 😀

Setelah itu, sorenya kami jalan-jalan ke Serui Laut.

Serui laut ini adalah salah satu bentuk objek yang ingin saya kunjungi dari kecil. Tebing-tebing putih dengan jalan meliuk-liuk dan laut lepas. What a beautiful view!!

Senja di sini saat itu kebetulan warna langitnya pink 🙂 Saya emang paling suka foto pemandangan senja, warna langitnya bisa beda-beda. Bisa pink, orange, ungu, biru, kuning. Suka banget sama langitnya 😀

SERUI
Kayaknya ini cocok untuk adegan orang lagi galau deh tempatnya hehe
SERUI1
Langitnya ❤
SERUI2
di Instagram, saya post foto ini tapi mama-mama yang lagi duduk di-crop. Hahaha peace 🙂

SERUI3

Saya senang sekali bisa melakukan perjalanan ke Serui ini 🙂

 

Daftar tempat-tempat yang ingin saya kunjungi sebelum 30 tahun

Indonesia

  1. Papua, yaitu: Raja Ampat (fyi: ini udah lumayan dekat dari tempat kerja saya 😀 ya gak deket-deket amat sih hehe), Danau Sentani, Puncak Cartenz (padahal naik sampai puncak gunung aja kagak pernah 😀 ), Taman Nasional Teluk Cenderawasih dll.
  2. NTT yaitu: Ende, Bukit Warinding, Labuan Bajo, Pulau Komodo, dll.
  3. NTB, yaitu: Lombok dan Rinjani (biar nyaingin abang saya yang udah nyampe Rinjani pas saya kelas 6 SD 😀 )
  4. Maluku, yaitu: Pantai Ora, Banda Neira 🙂 , Pulau Moa, Benteng Amsterdam, Air terjun ureng, Desa Hutumuri, Desa nusaniwe, pantai liang, teluk ambon, benteng toluko, air terjun di lumoli, dan masig banyak lagi 😀 soalnya saya sempat hampir mau buat pilihan penempatan kerja waktu itu jadi saya dah browsing hehehe 😀
  5. Bali (explore se-explore explorenya)
  6. Sumatera Utara ada beberapa destinasi lagi yang belum dan saya lupa namanya hehe
  7. Maluku Utara tepatnya Morotai

Sejauh ini, itulah tempat-tempat yang ingin saya kunjungi di Indonesia 🙂


Luar Negeri

  1. Singapura, explore se-explore explorenya
  2. Malaka, Malaysia
  3. Belanda, yaitu: Delft 🙂 , Rotterdam 🙂
  4. Yerusalem, Israel
  5. Inggris, yaitu: Edensor, Oxford, Manchester #GGMU, Big Ben
  6. Australia, yaitu: Opera House, Fremantle, Melbourne
  7. AS, yaitu: Ohio (saya ingin bertenu kedua sepupu saya yang sudah 14 tahun tidak pernah ada kabar :” Saya harap suatu hari bisa bertemu lagi. Saya hanya tahu mereka ada yang jadi atlet renang dan tim robot), Boston, Victoria, museum salomon di New York, patung liberty dll
  8. Kanada, yaitu: Butchart, Sunken Garden, dan inner harbour di Vancouver dll
  9. Air terjun Igacu di kota foz do igacu, Amerika selatan
  10. Nepal
  11. Jepang dan menikmati kulinernya yang kata temen komsel saya kita pilih random aja semua ramennya enak-enak wow!

Dan masih banyak lagi…

Travelling itu tidak hanya jalan-jalan, tapi kita bisa belajar banyak hal dari berbagai tempat yang berbeda. Kita belajar hidup 🙂

Jadi, saya anggap kesempatan saya ditempatkan kerja di Papua sebagai anugerah dari Tuhan untuk saya menjajaki tempat baru yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya supaya saya dapat belajar banyak hal mengenai kehidupan.

Kalau bukan karena instansi saya, saya tidak mungkin bisa pergi sejauh itu saat-saat seperti ini 🙂

I hope someday i will visit those places and become a better person than before 🙂

 

Bandung!

Day 1

Hari ini saya jalan-jalan ke Hutan Raya dengan kakak saya dan kakak sepupu saya. Tempat ini cukup membakar kalori bila kita menaiki anak tangganya… hehehe 😀 Saya benar-benar senang diservice sebelum ke Papua.

15443031_10154762475103076_4848358262264275158_o
Kak eba semangat ya S2nya.. Yah kita gak bisa jalan-jalan sesering dulu deh… Tapi gapapa, semoga banyak uang dan waktu untuk bertemu ya!
15578005_10154762474843076_4293896078749405662_o
Kak cory tahun depan semoga segala yang aku harapkan untukmu terjadi ya… Kata mereka ini ‘service’ buat Lala sebelum gak ketemu cireng, bandros, sate thai-chan, dan makanan kesukaannya yang lain 😀
15493645_10154762475078076_4387759653415472355_o
Makasih kak eba foto na 🙂

Makasih untuk jalan-jalan hari ini 🙂

Bandung, saya pasti rindu tempat ini 🙂

Ok, ini adalah kesekian kali gua travelling (alias ke Samosir) sendirian. Siapa takut?

Semoga steller perjalanan gua 3 tahun ke Samosir bisa segera dipublikasi. Jadi, kalian bisa baca steller gua nanti di https://steller.co/priskilasaragih

Wait ya 🙂